Selasa, 09 Agustus 2016

Tips memilih cymbals yang tepat

So, kamu baru saja beli drum tapi belum tahu betul cymbal apa yang tepat untuk diri sendiri? Menemukan cymbal bisa menjadi tugas yang sulit, terutama dengan banyaknya merek yang tersedia di pasaran. Artikel ini diharapkan dapat menjadi kompas buat kamu memilih cymbal yang tepat. Pemilihan cymbal sendiri bergantung pada gaya kamu bermain, ukuran kit, genre yang dimainkan dan kesediaan ruangan drum.

Jika ingin memastikan cymbal yang kamu beli cocok dengan gaya bermain serta anggaran pastikan untuk ikuti pedoman dasar memilih cymbal seperti dibawah ini:

Pertama kamu perlu mencari tahu gaya atau genre yang akan dimainkan, karena ini akan sangat berpengaruh pada jenis cymbal yang akan dipilih. - ini sangat penting dalam memilih simbal yang tepat. Jika kamu adalah seorang drummer heavy dan rock, pilihlah cymbal yang tipis saja karena dapat memberikan suara yang kamu butuhkan yang keras dan kuat. Sebaliknya jika yang kamu pilih adalah genre lembut seperti pop pilih cymbal tebal.

Kedua, gunakan stik yang sesuai. Stik yang tidak sesuai biasanya justru menimbulkan suara dengungan. Pilihlah cymbal dan stik secara bersamaan karena biasanya tidak semua stik dapat menghasilkan suara serupa di cymbal yang berbeda. Ketiga, adalah memilih hi-hat cymbal yang merupakan cymbal paling sulit dipilih namun menjadi urat nadi sebuah drum. Jika yang kamu inginkan suara terang bagus, pilih hi-hat cymbal yang tipis.

Jika kamu ingin suara grunge cobalah membeli yang agak tebal. Banyak drummer prfoseional bahkan membeli hi hat bekas karena hi-hat besak menawarkan lebih dari suara grunge akibat kotoran di atasnya yang membuat hi-hat menjadi lebih tebal. Keempat kamu perlu memilih crash cymbal yang jauh lebih mudah didapat dibanding hi-hat. Ini adalah jenis cymbal yang memberikanmu suara menggelegar dan keras.

Ada banyak jenis crash cymbal yang dapat dipilih, mulai dari dark, medium, tebal dan tipis. Cymbal jenis dark kurang awet dan memiliki frekuensi rendah . Sementara cymbal medium dan tipis sangat cocok untuk musik rock dan jazz. Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih cymbal yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar