Kamis, 08 September 2016

5 hal yang harus dipertimbangkan saat memilih antara string nilon atau baja

Saat pertama kali belajar gitar idealnya kita harus beli gitar klasik dengan string nilon. Sebab gitar dengan string nilon terbukti dapat memudahkan jari untuk memainkan string. Tapi idealnya apapun yang kamu pilih baik nilon atau baja harus didasarkan pada preferensi musik. Dalam rangka untuk membantu kamu menentukan preferensi musik saya menyediakan informasi mengenai perbedaan antara string nilon dan baja dan karakteristiknya masing-masing dibawah ini:

a.       Preferensi musik

Gitar dengan string nilon biasanya diperuntukkan bagi musik klasik dan folk, sementara gitar dengan string baja biasanya ditujukan untuk musik rock, country dan beberapa musik moderen lain.

b.      Efek

String nilon atau yang biasa kita temukan pada gitar klasik tradisional biasanya menghasilkan tone melow dan lebih responsif karena itulah sangat cocok dimainkan untuk musik-musik lembut. Sedangkan gitar dengan string baja menghasilkan tone lebih renyah dan lebih asik untuk dieksplorasi

c.       Bahan

Baik string baja maupun nilon sebenarnya selalu sakit dimainkan pada awal belajar dan membuat ujung jarimu sakit, tetapi dengan sedikit waktu dan praktek rasa sakit itu tak akan terasa lagi. string nilon terbuat dari bahan lembut, bahan kurang padat dan ketegangan jauh lebih kecil dibanding senar baja. Alhasil string nilon lebih mudah ditekan.

Sedangkan gitar string baja biasa berbahan lebih keras dengan ketegangan jauh lebih tinggi sehingga agak sulit dan butuh usaha besar ketika ditekan.

d.      Frekuensi tuning

Dibanding string baja, string nilon mungkin membutuhkan tuning yang lebih sering, sebab gitar dengan string nilon lebih sensitif terhadap perubahan suhu dan kelembaban udara sehingga posisi string lebih cepat berubah berbeda dengan string baha yang cenderung lebih stabil sehingga tidak perlu sering dilakukan tuning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar