Kamis, 08 Desember 2016

Tips berlatih gitar tanpa gitar

Kamu ingin menjadi seorang gitaris namun belum mampu beli gitar sendiri? Jangan khawatir karena ternyata belajar gitar tidak harus selalu ditemani gitar sungguhan. Caranya bagaimana? Mudah saja. Kamu hanya perlu berimajinasi dan melihat selembar kertas.

Latihlah otakmu untuk mengimajinasikan senar dan suaranya, artinya latihan gitar tanpa gitar ini memang tidak diperuntukkan bagi pemula yang masih belum paham mengenai dasar permainan gitar. Hanya kamu yang sudah piawai sajalah yang bisa melakukannya. Sebab membayangkan senar beserta suaranya hanya bisa dilakukan oleh orang yang pernah memainkan senar.

Kemudian untuk memperkuat imajinasmu cobalah gambarkan sketsa senar atau string pada selembar kertas, ini akan membantu kamu untuk mengingat rangkaian akord. Setelah itu barulah posisikan tangan dengan tepat seakan-akan sedang menggenggam gitar sungguhan.

Gerakkan jari kirimu seakan sedang benar-benar menekan senar dengan jari kanan yang siap memetik senar. Mungkin cara ini terdengar tidak masuk akal namun sudah terbukti dapat membantu kamu mengingat beberapa akord. Biarpun efektif untuk berlatih namun para profesional tidak menyarankannya untuk dijadikan menu latihan utama.

Latihan seperti ini sebaiknya dilakukan pada saat jeda kegiatan belajar dan bekerja, atau saat bepergian yang tidak memungkinkan kamu membawa gitar. Biar bagaimanapun belajar gitar akan lebih efektif jika dengan gitar nyata, kamu tidak perlu menduga dan membayangkan bagaimana suaranya.

Jika sudah punya uang berlebih cobalah beli gitar beserta tasnya, sehingga memudahkan untuk dibawa kemanapun. Gitaris sejati tahu pasti latihan adalah fondasi utama kesuksesan, jadi sesulit apapun gitar harus selalu menemani kesehariannya.

Jika tidak bisa dan tidak mau mengikuti trik bermain gitar tanpa gitarpun masih ada cara lain untuk belajar yakni dengan mengunduh aplikasi belajar gitar di smartphonemu, lebih real dan membantu kan? Hanya saja aplikasi ini tidak bisa memberikanmu pengalaman menyentuh senar.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar